Tuesday, November 10, 2015

KHASIAT TANAMAN OBAT "GAMBIR" untuk Sakit Kuning dan Diare

KHASIAT TANAMAN OBAT "GAMBIR"

Gambir memiliki rasa pahit, tetapi semakin lama akan berubah menjadi manis. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam Gambir diantaranya zat samak dan asam katekutanat.

Efek Farmakologis yang dimiliki oleh Gambir diantaranya astringen, pencahar batuk , sakit kuning dan Anti Diare.

Daun dan getah gambir dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut : Gambir dijual dipasaran dalam bentuk kotak agak keras dan berwarna putih.

1. Campuran Makan Sirih
Rebus daun gambir, campur dengan dedak halus secukupnya, bentuk kecil- kecil seperti kue, lalu jemur Daun Gambir ini bisa digunakan untuk campuran makan sirih

2. Diare Pada Anak
Cuci bersih 2 potong gambir didalam segelas air dan 5 cm rimpang kunyit. iris tipis- tipis kedua bahan tadi. Rebus semua bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas. untuk anak- anak berumur 3 bulan berikan air rebusan 1 sendok teh sehari anak berumur 4-5 bulan berikan 2 sendok teh sehari dan untuk anak berumur 9 bulan berikan sebanyak 3 sendok teh per hari. lakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Serak, sakit pangkal tenggorokan dan sakit gusi
Cuci 1 potong gambir, rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas. Gunakan air rebusannya untuk berkumur dan telan sedikit saja.

No comments:

Post a Comment